Tata Cara Melakukan Facial di Rumah

21 Maret 2019 - Kategori Blog

cara melakukan facial

Manfaat dan Cara Melakukan Facial di Rumah

Sebagian besar wanita rutin melakukan perawatan facial di sebuah salon. Akan tetapi, sebenarnya bisa dilakukan sendiri facial di rumah. Selain hemat biaya, persiapannya juga tidak sulit, cocok untuk semua jenis kulit baik berminyak, kering, atau kombinasi. Kita juga dapat mengatur waktu sendiri. Cukup luangkan waktu sekitar 45 sampai 60 menit. Fungsi utama facial adalah membersikan dan menyegarkan kulit. Cara melakukakan facial terdiri atas membersihkan wajah, penyegaran, pemijatan, pengelupasan, penguapan, pemakaian masker, dan penyegaran, serta proses pelembapan wajah.

Berikut persiapan dan cara melakukan facial untuk wajah sendiri yang dapat dilakukan di rumah.

1. Persiapan
Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti : sabun wajah, toner, peeling cream atau scrub, message cream, masker alami (buatan atau instan), moisturizer (pelembap), Dan semua itu harus sesuai dengan jenis kulit wajah kita. Alat alat yang diperlukan : bandana atau penutup kepala ( untuk melindungi rambut agar tidak terurai ke wajah), kapas, handuk lembut, mangkok besar, air hangat, kuas khusus wajah yang lembut.

2. Pembersihan wajah

menjaga kebersihan wajah
Cara melakukan facial selanjutnya ialah, bersihkan wajah dengan benar yaitu dengan menggunakan air dingin. Tujuannya sebagai langkah awal untuk mengangkat semua kotoran di wajah. Kemudian bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Pengelupasan

pengelupasan kulit wajah
Proses ini bertujuan untuk mengangkat sel sel kulit mati. Oleskan scrub atau feeling krim pada wajah dan leher dengan Merata. Pijat lembut wajah kita dengan gerakan melingkar agar sel kulit mati dan kotoran terangkat. Hindari area bibir dan mata. Lakukan hal ini dengan perlahan lebih kurang 15 menit. Diamkan hingga mengering. Bersikan dengan handuk hangat hingga bersih.

4. Pemijatan atau proses relaksasi


Tujuan proses ini untuk merelaksasikan wajah agar peredaran darah di wajah menjadi lancar. Lakukan pijatan lembut secara perlahan pada wajah menggunakan massage cream. Kemudian basuhlah dengan handuk hangat.

5. Penguapan

facial dengan penguapan
Cara melakukan facial selanjutnya yaitu mengompres wajah menggunakan air hangat. Gunakan handuk kecil lembut yang sudah ditentukan terlebih dahulu dalam air hangat, lalu tempelkan pada wajah. Atau bisa juga dengan cara tutupi kepala kita dengan handuk besar dan dekati wajah kita ke mangkuk yang berisi air panas atau alat steamer kira-kira sejauh 20 cm. Diamkan selama 10 menit, dengan istirahat sebentar setiap 2 menit sekali agar kita bisa bernapas dengan enak. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada wajah.

6. Pengencangan

cara melakukan facial di rumah
Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit pada wajah. Oleskan dengan merata pada leher dan wajah dengan menggunakan kuas khusus yang mempunyai bulu halus. Diamkan selama 10 – 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dan leher dengan air hangat hangat kuku, setelah itu keringkan menggunakan handuk lembut. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan dan menutrisi kulit wajah.

7. Penyegaran

facial di rumah dengan toner
Pada tahap ini dilakukan mendinginkan dan memberikan kesegaran pada kulit wajah. Usapkan wajah dengan toner sesuai dengan jenis kulit.

8. Pelembapan

pelembapan wajah
Proses terakhir cara melakukan facial, dengan memberikan pelembab pada kulit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit. Jika akan ber aktivitas keluar rumah, oleskan Sunscreen gel dengan perlindungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Itulah tata cara melakukan facial di rumah. Sebaiknya jangan melakukan facial terlalu sering karena kulit akan mudah sensitif dan menjadi tipis. Lakukan facial sebulan sekali terutama jika wajah kita mulai terlihat kusam dan banyak komedo. Perhatikan cara melakukan facial dengan benar tahapannya, agar mendapatkan kulit sempurna.