Tips Memilih Produk Kosmetik Untuk Perawatan Wajah

04 April 2019 - Kategori Blog

memilih produk kosmetik

Tahun terus berganti dan beredarnya produk produk kosmetik berbahaya membuat wanita harus cerdas dalam memilih produk kosmetik yang tepat untuk wajah. Jangan pernah tergiur harga murah dan hasil instan yang ternyata justru berbahaya untuk kulit. Jangan sampai kita menjadi korban akibat oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menjual produk kosmetik abal-abal.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih produk kosmetik atau produk perawatan kulit.

Mengenali produk yang ditawarkan

Telitilah bahan apa saja yang digunakan, manfaat serta adakah efek samping yang akan dirasakan di kemudian hari saat pemakaian kosmetik tersebut. Produk kosmetik yang bersertifikat aman dari BPOM dari Indonesia. Sertifikat ini membuktikan bahwa produk telah diuji pihak BPOM Indonesia Dan terbukti layak dan aman untuk digunakan. Selain itu, sebaiknya produk kosmetik ber sertifikat halal karena akan menjadi indikator kebaikan untuk produk itu sendiri dan aman karena tidak mengandung bahan bahan berbahaya.

Mengetahui produsen dalam memilih produk kosmetik tersebut

Teliti mengenai eksistensi dan sejarah perusahaan nya. Kita juga perlu memastikan dalam memilih produk kosmetik yang digunakan benar benar memiliki manfaat dan memuaskan.

Perhatikan komposisinya

Pahamilah komposisi, jenis, atau kegunaan kosmetik dengan menanyakan kepada konsultan kecantikan di gerai kosmetik apalagi untuk mempunyai kulit sensitif dan mudah alergi. Waspadai produk kecantikan yang menawarkan efek memutihkan dalam waktu sangat singkat. Produk seperti ini biasanya tidak aman bagi kulit. Misalnya, menawarkan kulit putih dalam waktu satu minggu. Kandungan bahan dalam produk kecantikan yang aman bagi kulit seharusnya tidak akan memberikan hasil Secepat itu. Jika ada produk kosmetik yang menawarkan kulit cerah atau putih dalam waktu tiga minggu biasanya mengandung banyak bahan kimia.  Produk bahan alami biasanya bekerja aktif dengan normal selama 21 – 28 hari.

Memilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit berbeda. Kenali dulu jenis kulit sendiri agar perawatannya dapat tepat dan cocok untuk kulit. Kemudian, gunakanlah produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda masing-masing. Jangan sampai jenis kulit berminyak memilih produk kosmetik untuk kulit normal. Jika cenderung dipaksakan persoalan tidak akan bisa diatasi, mungkin tidak akan memberikan hasil maksimal untuk wajah.

Uji alergi

Sebelum membeli paket kosmetik, pengetikan kandungan kimia dalam produk kosmetik kecantikan tersebut. Gunakan kosmetik untuk kulit sensitif dengan kandungan kimia yang telah teruji jika mudah alergi atau sedikit bermasalah. Lakukan uji alergi dengan Mengoleskan produk kosmetik di bagian lengan, belakang kuping, atau belakang leher. Jika terasa gatal dan perih seperti terbakar jangan terburu buru membeli, atau berhentilah memakai produk kecantikan tersebut.

Jangan terlalu sering berganti ganti produk

Beragam iklan kosmetik yang menawarkan banyak khasiat dan promosi gila-gilaan seringkali membuat kita tergiur dan ingin mencobanya. Hindari kebiasaan berganti -ganti produk perawatan karena reaksi produk kosmetik antara yang satu dengan yang lain mungkin akan berbeda, hal ini membuat wajah harus beradaptasi dengan produk baru terus menerus dan dapat memperparah kulit wajah.