Terpopuler:

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

02 April 2020 - Kategori Blog

Apakah kita memiliki keluhan bibir kering dan pecah-pecah? Menghadapi masalah bibir kering dan pecah -pecah sering kali membuat banyak wanita kewalahan bahkan ada di antaranya yang bibirnya sampai berdarah. Rasanya pasti perih sekali. Sungguh, mengerikan, bukan?

bibir kering

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Penyebab bibir pecah-pecah adalah karena kurang minum air, sering menjilat, dan membasahi bibir dengan air ludah, terpapar debu atau polusi udara, perubahan suhu ekstrem, kurang konsumsi buah dan sayur, kebiasaan merokok dan minum kopi, serta penggunaan jenis lipstik yang tidak cocok.

Baca juga : Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Kulit

Biasanya kejadian bibir seperti ini terjadi pada saat bulan puasa, karena kita tidak minum hampir 12 jam, sehingga tubuh kurang asupan air untuk melembapkan kulit. Tentu saja dengan penampilan bibir kering dan pecah-pecah membuat kita kurang menarik, dan merasa ada yang kurang terhadap penampilan kita.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  • Hilangkan kebiasaan menjilat atau membasahi bibir dengan air ludah. Bibir hanya akan terlihat lembap untuk sementara tapi air ludah bisa menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya.
  • Kurangi konsumsi kafein dan merokok
  • Gunakan pelembab bibir yang alami. Misalnya madu, gel lidah buaya, atau minyak kelapa yang dioleskan ke bibir sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk melembutkan, menutrisi, dan melembapkan bibir serta menyingkirkan warna gelap pada bibir.
  • Pilih lip balm yang kaya moisturizer, minyak alami dan kandungan SPF. Kandungan tersebut dapat menjaga kondisi bibir dari kekeringan.
  • Perbanyaklah minum air putih. Air putih dapat mengatasi bibir yang kering dan pecah.
  • Rutin melakukan scrub bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir yang dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan kusam. Gunakan scrub bibir yang dapat dibeli di toko kosmetik. Kita juga dapat membuat scrub bibir alami di rumah yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan gula pasir yang dioleskan pada bibir. Lakukan hal ini seminggu sekali.
  • Oleskan mentimun dan gosoklah pada bibir dengan lembut. Mentimun memiliki kandungan vitamin C yang dapat melembapkan dan menyehatkan bibir.
  • Hilangkan kebiasaan mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah. Hal ini dapat menimbulkan iritasi dan pendarahan.
  • Gunakan kelopak bunga mawar, karena kelopak bunga mawar dipercayai mengandung pelembab alami dan bisa juga memerahkan warna bibir secara alami.

 

, , ,