Terpopuler:

Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Mudah

08 Oktober 2019 - Kategori Blog

Orang yang memiliki kulit jenis berminyak tentu menjadi repot, sehingga mencari cara untuk mengatasi kulit berminyak. Wanita yang memiliki kulit berminyak pasti akan merasa kerepotan karena cenderung memiliki kelebihan minyak di wajah yang menghasilkan wajah mengkilap. Apalagi saat cuaca sedang panas, keringat membuat kulit terlihat makin berminyak.

Hal yang harus diketahui sebelum mengatasi kulit berminyak

Produksi minyak oleh tubuh sebenarnya baik, yakni agar kulit tetap sehat tapi jika kadar minyak yang diproduksi berlebihan dapat menyebabkan noda dan muncul masalah kulit berminyak. Wajah yang mengkilap karena berminyak akan membuat tampilan wajah menjadi kurang segar, lengket, dan terlihat kotor.

Berikut ini cara terbaik mencegah dan mengatasi kulit berminyak

  • Pembersih wajah

Cara yang paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Pakailah pembersih yang lembut dan ringan karena pembersih muka yang keras akan menyebabkan kulit meningkatkan produksi minyak.

  • Gunakan handuk khusus wajah

Sebaiknya setelah membersihkan wajah jangan menggunakan handuk kotor atau handuk untuk badan. Hal ini kurang baik karena bakteri dan kotoran yang menempel di handuk dari badan dapat berpindah ke wajah. Solusinya, siapkan selalu handuk khusus untuk wajah.

  • Toner atau penyegar wajah

Aplikasikan toner sesuai jenis kulit, usapkan pada area yang berminyak dan lengket seperti dahi, dagu, dan hidung. Manfaat toner untuk wajah berminyak adalah membersihkan dan menghilangkan kadar minyak berlebih, mengecilkan pori-pori dan mengembalikan kadar keasaman pada kulit supaya kulit siap dengan perawatan kosmetik.

  • Selalu siapkan kertas minyak

Kertas minyak menjadi solusi praktis untuk menghilangkan kilap dan menghisap minyak di wajah kapan pun dan di mana pun merasa perlu memakainya. Perlu diperhatikan saat menggunakan kertas minyak. hindari menggosok-gosoknya ke kulit, cukup menekan pelan-pelan ke area wajah yang berminyak. Seketika minyak akan terlihat langsung menempel pada kertas minyak.

  • Mentimun

Untuk mengatasi kulit berminyak dapat menggunakan mentimun. Caranya siapkan 1 buah mentimun, lalu belah menjadi empat memanjang. Cacahlah bagian dalam biji yang berbiji, lalu gosoklah ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, bersihkan dengan air hangat. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Langkah terakhir, berikan pelembab untuk menutrisi kulit.

  • Bengkoang dan kentang

Bengkoang dan kentang dapat mengatasi minyak dan mengecilkan pori-pori pada wajah. Siapkan bengkoang dan kentang secukupnya. Kemudian haluskan dan campurlah hingga merata. Setelah itu, jadikan masker di bagian wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu.

  • Kosmetik 

Beberapa bahan kosmetik seperti foundation, bb cream, dan bedak dapat dijadikan solusi untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilihlah jenis bedak powder agar mampu menyerap minyak. Selain itu, kita dapat menggunakan foundation dan bb cream yang memiliki kandungan oil control. Pilihlah produk yang khusus untuk kulit berminyak untuk meminimalkan produksi minyak di wajah.

  • Scrub atau masker wajah

Ada baiknya kita mulai rutin melakukan perawatan wajah seperti scrub masker atau peeling seminggu sekali. Pilihlah produk perawatan yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat mengontrol kelebihan minyak.

  • Jangan memencet jerawat

Jika ada jerawat yang sedang meradang dan memerah, jangan memencetnya. Kebiasaan ini akan memicu jerawat makin parah dan produksi minyak di sekitar wajah berjerawat makin berlebih. Sebaiknya pakailah obat jerawat yang berfungsi mengeringkan jerawat agar jerawat tidak meninggalkan bekas dan kulit terlihat segar.

Baca juga : Jenis kulit dan ciri-ciri untuk mengetahuinya

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp